Minggu, 27 Juni 2010

perkembangan arsitektur 2 - arsitektur gotik part 4-Karakteristik bangunan gotic party 2


3. Kita bisa menemukan kaca patri, ini mengartikan bahwa pada abad ke 12 kaca patri ini sedang maju dan berkembang. Disebut juga dengan perkembangan teknologi pada masa itu.




4. Pengembanganbentukrib vaults—bentukkubahyang menyerupairusuk. Salah satu pembeda arsitektur Gothic denganperiodesebelumnyaadalahsistemkonstruksikolomdanlangit-langittidakterpisah. Jadi antara kolom danrusuk penyangga atap menyatu. Sebagai pengembangan dari struktur busur silang yang banyak digunakan pada periode sebelumnya, bentuk busur rusukdapat dikatakan terinspirasi dari bentuk ranting pohon.




5. Tiang atau kolom yang tebal dan besar adalah ciri khas arsitektur gotic. Jajaran kolom yang tersusun atau dengan pola grid merupakan struktur poka utama bangunan gotic.



6. Bangunan Gotik merupakan bangunan dengan sistem kerangka dan penopang. dinding-dindingnya berfungsi sebagai pelindung yang melingkupi ruang dalam gereja seperti selubung tipis. Beban atapnya yang melengkung dan tiang tinggi, ditopang oleh pilar-pilar, ditempatkan mengerombol dan saling berkaitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar