Minggu, 27 Juni 2010

perkembangan arsitektur 2 - arsitektur gotik

ArsitekturGothic umumdikenaldenganbangunanCathedrals, abbeys, danParish ChurcesdiEropa. Selainitujugaterdapatbanyakistana, kerajaan, town hall, universitas, danbangunanpribadi.Karakteristikyang paling tercerminmembentukarsitekturGothic adalahCathedrals.

kebayakan dari bngunan gotic adalah bangunan gereja
Arsitrektur gotic lahir disetiap wilayah dan juga Negara-negara di dunia tentu dengan perbedaan karakter-karakter sebagai kekayaan gotic.
Tipologi dan karakteristic arsitektur gotic menjadi simbol atau patokan kejayaan arsitektur bangunan gereja yang berlanggam gotic.
Aliran gotic ini juga disebut-sebut sebagai seni barbarian. Di inggris pada tahun 1700-1800 disebut atau di juluki seni gotic adalah seni yang tidak mempunyai rasa, hambar sekaligus disebut sebagai seni yang menyimpang darai kaidah-kaidah seni biasanya.
Beberapa Negara yang menjadi titik perkembangan arsitektur gotic adalah prancis, inggris, jerman, italia, spanyol, belgia dan belanda. Maksud titik disini adalah yang paling menonjol dan merupakan paling terbanyak bangunan gotic.
Pada era arsitektur gotic inilah ada upaya para pakar untuk memadukan atau meluruskan bahwa arsitektur sebagai ilmu bangunan.
Hal yang paling penting untuk kita ingat bersama adalah system struktur atap pada gereja yaitu flaying butters yaitu balok miring yang melayang dan menyalurkan beban ke atap, memperkuat bangunan sekaligus juga sebagai estetika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar